Pages

Wan Tan Mee ~ Char Kway Teow @ PJ Old Town - Petaling Jaya

Wan Tan Mee @ PJ Old Town, Petaling Jaya - http://esdelima.blogspot.comChar Kway Teow @ PJ Old Town, Petaling Jaya - http://esdelima.blogspot.com Di wilayah Kuala Lumpur atau Petaling Jaya sekitarnya, umumnya hidangan Wan Tan Mee (baca: mie pangsit) agak berlainan dengan yang di Indonesia, ukuran mie-nya tipis seperti bihun dan disiram dengan kuah soy sauce (kecap) yang banyak dan jadinya seperti mie yamin yang gelap warnanya.
Namun ada juga tempat tertentu disini yang menyajikan Wan Tan Mee yang mirip dengan yang di Indonesia, yaitu mie Serawak (nama salah satu state negeri jiran di Utara Kalimantan) yang berisi mie keriting, ditambah sawi ijo dan dicampur dengan daging ayam atau daging lainnya tergantung stand penjualnya.
Di posting ini penulis akan mereferensikan Wan Tan Mee yang umumnya dihidangkan disini seperti yang dibahas diatas.
Bagi yang terbiasa dengan mie pangsit keriting di Indonesia, kemudian mencicipi Wan Tan Mee disini yang disiram soy sauce yang banyak - seperti halnya penulis, bisa jadi anda juga tidak suka dengan rasanya yang aneh.
Tapi ada satu tempat yang menjual Wan Tan Mee yang bikin penulis selalu datang kembali. Mereka menyajikan Wan Tan Mee putih alias tanpa soy sauce, dan dibumbui dengan racikan dari minyak wijen yang sedap dan pas di lidah.
Dengan tambahan irisan daging ayam dan pangsit rebus ayam yang juicy, sungguh hidangan yang mantap dan jarang ditemui disini. Harganya juga pas dikantong yaitu RM 5 (±Rp. 15.000,-).
Di tempat yang sama kebetulan penulis juga menemukan stand penjual Char Kway Teow (baca: kwetiaw goreng) yang pantas direkomendasikan buat anda. Kwetiaw gorengnya tipis dan tidak begitu berminyak seperti umumnya masakan kwetiaw goreng. Dengan campuran udang ukuran sedang dan sayuran seperti toge dan kucai, disajikan diatas piring dengan alas daun pisang, sungguh luar biasa sedapnya.
Baik di Kuala Lumpur, Petaling Jaya, maupun Penang, agak susah menemukan hidangan kwetiaw goreng yang istimewa seperti ini.
Penasaran ? Anda bisa datang langsung ke PJ Old Town, Petaling Jaya - untuk menuju lokasi anda bisa menggunakan transportasi umum LRT, dan turun di stasiun LRT Taman Jaya. Di stasiun ini merupakan tempat mangkal bus Rapid KL 505 yang menuju pasar Old Town. Di pasar Old Town terdapat beberapa hawker centre (pusat jajan makanan) tapi yang menjual kedua kuliner istimewa diatas adalah yang terdapat di hook bersebelahan dengan toko keramik. Mereka buka dari pagi dan tutup sekitar jam 2 siang.
Foto: Wan Tan Mee dan Char Kway Teow.

2 comments:

Page and post views plugin