Pages

Nasi Briyani ~ Ayam Tandoori ~ Roti Naan @ Syed - Petaling Jaya

Nasi Briyani - http://esdelima.blogspot.com Ayam Tandoori - http://esdelima.blogspot.com Roti Naan - http://esdelima.blogspot.com Beberapa waktu lalu penulis pernah memposting kuliner khas India di daerah Kerobokan, Bali yaitu Roti Canai dan Teh Tarik khas Warung Bunana.
Untuk kuliner India kelas restoran juga ada, seperti Queen's Tandoor atau Gateway Of India yang jumlah cabangnya lumayan banyak bahkan sampai di luar Bali. Penulis pernah mencoba di salah satu restoran diatas, menu khas-nya cukup bervariasi dan tentu saja harganya yang cukup mahal. Namanya juga kelas restoran, bayar untuk makanan dan suasananya sekaligus.
Nah, di postingan ini penulis akan berbagi cerita mengenai kuliner India di negeri jiran kita yang populasi masyarakat India-nya cukup banyak yaitu sekitar 10% dari total jumlah penduduk - yang umumnya adalah India suku Tamil.
Menemukan rumah makan India di kota-kota besar Malaysia segampang menemukan rumah makan Padang di Indonesia.
Dari banyaknya rumah makan India itu, penulis akan merekomendasikan satu rumah makan di daerah Petaling Jaya yang sudah ada sejak tahun 1968. Berbagai penghargaan termasuk penghargaan sekelas ASEAN juga pernah didapatkan rumah makan ini.
Rumah makan ini memiliki beberapa menu andalan seperti Nasi Briyani, Ayam Tandoori, dan Roti Naan.
Nasi Briyani adalah sejenis nasi goreng yang aslinya berasal dari Persia, digoreng dengan minyak samin dan dibumbui dengan berbagai jenis rempah-rempah seperti cengkeh, jintan, kapulaga, dan dedaunan aromatik seperti daun mint.

Loading...

Beras yang dipakai adalah jenis beras Basmati dengan bulir-bulir berasnya yang pipih dan lebih panjang dari beras biasa, rasanya sangat gurih dan wangi. Keistimewaan ini menjadikan beras Basmati beras yang mahal.
Nasi Briyani yang non-vegetarian umumnya disajikan dengan daging kambing atau ayam. Ditambah sebutir telur rebus dan sejenis acar atau manisan dari potongan buah dan sayuran.
Kalau di Indonesia, nasi ini mirip dengan nasi Kebuli yang sama-sama merupakan pengaruh budaya kuliner Arab Timur Tengah.
Hidangan kedua yang tak kalah sedapnya, Ayam Tandoori - sejenis ayam panggang khas India Punjabi yang dibumbui dengan rempah-rempah khusus sehingga berwarna kemerahan dan beraroma sangat gurih. Ayam Tandoori umumnya dipanggang dalam tungku tanah liat (tandoor) dengan suhu tinggi.
Ayam Tandoori disini disajikan dengan saus yogurt dengan cincangan daun mint yang aromatik. Buat anda yang terbiasa dengan sambal terasi tentu butuh waktu untuk terbiasa dengan aroma saus ini.
Roti Naan, sejenis roti ragi yang juga dipanggang dalam tungku tanah liat (tandoor). Roti ini berbentuk lembaran dan disajikan dengan kuah kari yang berisi kacang-kacangan, atau bisa juga dengan kuah kari daging kambing tergantung selera anda.
Rasa ketiga menu diatas tidak perlu diragukan lagi sedapnya, mengingat pengalaman puluhan tahun juru masaknya - ditambah lagi harga menu-nya yang tidak sampai separuh harga kalau makan di restoran-restoran yang penulis sebutkan diatas tadi.
Penasaran ? Nama rumah makan ini adalah "Syed" dan berada tepat di seberang Hotel PJ Hilton - Petaling Jaya. Kalau menggunakan transportasi umum, anda bisa memakai bus 505 yang berangkat dari LRT Taman Jaya dan hanya memakan waktu perjalanan sekitar 5 menit.
Rumah makan ini cukup luas, seukuran tiga ruko dan selalu ramai terutama di jam makan siang dan malam. Terkadang di jam sore-pun banyak pengunjung yang sengaja datang buat menikmati teh tarik dan berbagai penganan khas rumah makan ini.
Foto : Atas ke Bawah, Nasi Briyani, Ayam Tandoori, Roti Naan.

No comments:

Post a Comment

Page and post views plugin