Taking Control of Kidney Disease the Natural Way

Pages

Kuliner Pilihan khas Bangka

Beberapa waktu lalu penulis berkesempatan mengunjungi pulau Bangka yang selain terkenal dengan keindahan pantainya juga kaya dengan kuliner khasnya.
Di posting kali ini penulis ingin men-share beberapa kuliner pilihan khas Bangka, yaitu Pantiaw & Selada Bangka Pak Yak, dan Martabak Acau 89 - semuanya berlokasi di kota Pangkalpinang, ibukota provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Pantiaw & Selada Bangka Pak Yak @ Rumah Sakit Bakti Timah

Pantiaw Pak Yak @ PangkalPinang - Bangka [http://esdelima.blogspot.com] Selada Bangka Pak Yak @ PangkalPinang - Bangka [http://esdelima.blogspot.com] Pantiaw adalah kuliner yang berbahan dasar mirip kwetiaw yang biasa kita kenal, dimana terbuat dari tepung beras dan sagu. Bedanya kita mengenal kwetiaw goreng atau kwetiaw kuah, tapi pantiaw sendiri dihidangkan dengan tumbukan atau gilingan daging ikan (umumnya ikan tenggiri) dan kemudian disiram dengan kuah kaldu ikan yang gurih dan sedap. Campuran tambahan lainnya seperti toge dan daun seledri. Dengan perasan jeruk limau dan sesendok sambalnya yang khas membuat hidangan pantiaw benar-benar istimewa.


Kuliner pantiaw cukup gampang ditemui di warung-warung, pasar, dan rumah makan yang tersebar di kota Pangkalpinang, tapi penulis ingin merekomendasikan satu tempat penjual pantiaw yang paling terkenal dan telah berjualan lebih dari 40 tahun di ibukota Bangka Belitung ini - yaitu Pantiaw Pak Yak yang terletak dalam area RS Bakti Timah di jalan Jend. Sudirman. Warung Pak Yak berbentuk warung sederhana berukuran sekitar 20 meter persegi, dan dari luarnya hanya dinding kawat yang ditutupi selembar kain biru tua tanpa nama warung samasekali. Jadi kebiasaan rajin bertanya akan mempermudah menemukan lokasi warung ini.
Saat ini warung Pak Yak dijalankan oleh sang istri karena yang empu-nya telah tiada, namun rasa dan kualitas pantiaw yang disajikan tetap sama dan digemari pencinta pantiaw.
Oh ya, jangan lupa mencoba juga Selada Bangka khas Pak Yak. Selada Bangka mirip gado-gado tapi bumbu kacangnya dimasak dengan tambahan santan, cuka, terasi, dan ebi (udang kering) - membuat rasa bumbu kacangnya benar-benar gurih. Sementara bahan-bahan campurannya seperti irisan daun selada, tahu goreng, mie basah, potongan kentang rebus, telur rebus, toge, dan lontong.
Harga seporsi Pantiaw maupun Selada Bangka adalah Rp. 10.000,-.

Martabak Acau 89 @ Jl. Mayor Syafrie Rachman

Martabak Manis Acau 89 @ PangkalPinang - Bangka [http://esdelima.blogspot.com] Martabak Telur Acau 89 @ PangkalPinang - Bangka [http://esdelima.blogspot.com] Anda yang berada di Jakarta atau kota-kota besar lainnya pasti mengenal Martabak Bangka, martabak dengan adonan tepungnya yang istimewa. Lapisan martabaknya yang tebal namun teksturnya tetap legit dan lembut - membuat nama Martabak Bangka (atau dikenal Hok Lo Pan di daerah asalnya) sangat tersohor di Indonesia. Namun ketika berada di Bangka atau kota Pangkalpinang tepatnya, penulis mendapatkan referensi Martabak Bangka yang paling terkenal di Bangka - yaitu Martabak Acau 89 yang lokasinya berada di jalan Mayor Syafrie Rachman. Selain rasa dan tekstur martabaknya yang memang istimewa, kelihatannya Martabak Acau menjadi pilihan pakar kuliner Pak Bondan Winarno, atau artis Sandra Dewi - dilihat dari foto-foto bersama yang dipajang di depan gerobak martabak.
Disini dijual jenis martabak manis dan martabak telur dengan harga yang berkisar dari Rp. 8.000,- hingga Rp. 38.000,- tergantung bentuk dan bahan isian martabak yang diinginkan.
Selamat berwisata kuliner.


2 comments:

  1. Martabaknya bikin kepingin nih mbak :)

    ReplyDelete
  2. Sepertinya bisa di praktekkan nih, Nice Share ya Mba:)))

    ReplyDelete

Page and post views plugin