Pages

Restaurant | Cafe DTS POS Software Kasir



Aplikasi Software Kasir POS (Point Of Sale) ini ditujukan khusus untuk restoran/kafe/rumah-warung makan atau usaha sejenisnya. Telah diimplementasikan sejak tahun 2003 di berbagai restoran/kafe/rumah-warung makan di Jakarta, Bali, Makassar, Manado, Banyuwangi, serta puluhan kota lainnya di Indonesia.


Aplikasi ini sangat mudah digunakan dan cepat diimplementasikan, dimana setting dan konfigurasi awal pada sistem dapat diselesaikan kurang dari satu hari, dan dapat langsung dilakukan training ke user/kasir pada hari yang sama.

HIGHLIGHTS:
  • 14 Laporan/Report untuk Monitoring Hasil Penjualan.
  • Multiple jenis payment dalam satu bill (Cash/Debit+Credit Card+Voucher).
  • Pengaturan Diskon, Harga Jual Fleksible, PPN, Service Charge, Over-Night Transaction.
  • Layout POS touch screen efisien dan area sentuhan jari yang leluasa.
  • Multi-User & Server-Client.
  • Cetakan Bill & Kitchen Order+Customer Notes, tanpa Printer/Paperless via Real Layout Preview, atau dengan Printer (Thermal Printer 80mm/58mm).
  • 100% Free Software Update.
  • Konsisten Customer Support.
OBJECTIVES:
  • Membantu para enterpreneur restoran/kafe/rumah-warung makan dalam pengelolaan administrasi dan operasional bisnis kuliner.
  • Meningkatkan efisiensi operasional bisnis, owner lebih fokus di strategi peningkatan penjualan/omset.
  • Laporan lengkap dan detil membantu analisa owner dalam membuat keputusan operasional bisnis.
  • Meningkatkan daya saing terhadap competitor.
 SUBJECTIVES:
  • Penggunaan aplikasi yang mudah dan cepat, kurang dari 1 jam training (guide dari team support+self-training).
  • POS dengan layout touch screen yang efisien dan area sentuhan jari yang leluasa.
  • Integrasi customer order+payment antara kasir dan dapur, mempercepat pelayanan terhadap customer.
  • Cetakan Bill & Kitchen Order+Customer Notes, tanpa Printer/Paperless via Real Layout Preview, atau dengan Printer (Thermal Printer 80mm/58mm).
  • Fitur Multiple jenis payment dalam satu bill (Cash/Debit+Credit Card+Voucher), Over-Night Transaction, serta Pengaturan Diskon, Harga Jual Fleksible, PPN, Service Charge.
  • Fitur-fitur POS yang sederhana namun efisien & efektif agar tidak membingungkan kasir/operator. Konfigurasi sistem yang lengkap dan fleksibel untuk memenuhi kebutuhan unik setiap operasional restoran/kafe/rumah-warung makan.
  • Monitoring hasil penjualan dari 14 jenis laporan/report harian, mingguan, bulanan hingga per-shift dan periode-jam tertentu. Termasuk laporan spesifik seperti menu terlaris, jam order ter-ramai, dan per hari tertentu (Senin-Minggu). Laporan tertentu dilengkapi grafik untuk mempermudah analisa tren penjualan.
  • Untuk efisiensi waktu setting awal, setup data pendukung dan konfigurasi sistem sebagai backend POS System melalui pengoperasian normal (keyboard+mouse).
  • Fitur transfer/backup data transaksi dari POS System ke external/flash disk. Owner/manager dapat menganalisa data transaksi penjualan pada POS System terpisah di laptop/desktop (instalasi tambahan).
  • Harga software terjangkau, client bebas menggunakan komputer desktop dengan/tanpa monitor touch screen+printer thermal sesuai budget operasional.

UPDATE:
Setelah semenjak tahun 2009 versi awal aplikasi ini telah di-share kepada para pengguna melalui halaman blog ini, maka mulai akhir tahun 2017 versi terakhir aplikasi dengan model interface touch screen dapat diperoleh melalui Tokopedia, Bukalapak, Jualo, Shopee, Elevenia, Blanja, atau Lazada.

Konsultasi dan support untuk user aplikasi ini tetap berlangsung di page blog ini, atau via:
ContactDTSPOS@gmail.com


Lakukan instalasi sistem POS ini secara otomatis melalui CD installer yang diterima dari DTS POS Applications setelah pemesanan/pembelian melalui market place diatas. Instalasi akan melakukan setting directory/folder sistem POS secara otomatis dan dilanjutkan dengan sejumlah instruksi dan langkah-langkah konfigurasi system POS sebelum transaksi utama dapat digunakan secara penuh.


Berikut adalah process-flow diagram yang khusus dibuat untuk aplikasi ini untuk membantu anda lebih mudah memahami urutan dan cara pemakaiannya. Alur proses yang ditandai dengan nomor warna merah dari 1 hingga 11 merupakan urutan standar dalam bisnis proses restoran atau cafe, yang juga berlaku dalam sistem aplikasi POS ini.
Entitas atau obyek yang berwarna Coklat merupakan PROSES atau DATA yang dilakukan di sistem ini, dan dapat diakses pada menu-menu yang tersedia dalam aplikasi POS ini. Sementara entitas berwarna Hijau dalam alur diagram ini merupakan hasil output/printer dari sistem yang ditujukan untuk kitchen, customer, maupun untuk manager/owner dari restoran/cafe.

Ok, silahkan anda explorasi sendiri sistem aplikasi POS ini, semoga bisa memenuhi kebutuhan manajemen sistem informasi ditempat usaha restoran/kafe anda sendiri. Kalau ada hal yang kurang jelas silahkan ditanyakan. Salam.

Comments History
Widodo [2009-11-27 08:44:53] :
simple, sistemnya bagus, sesuai standart restoran pada umumnya. thank's
esDelima [2010-01-10 04:08:05] :
Untuk proteksi dari permainan kasir.Anda bisa lakukan konfigurasi di Modul User Group (menu Administrator - User Group), disini lakukan pembatasan akses update atau delete untuk user kasir. Dari pengalaman implementasi, kasir tidak bisa melakukan update atau delete setelah print struk. Jika terlanjur, maka dibuat transaksi baru, sementara transaksi yg lama (ada kesalahan) dibiarkan untuk menjadi bukti bagi supervisor. Ketika ada requirement jgn langsung ke arah modifikasi, tapi sebaiknya dapatkan solusi dari konfigurasi system yg telah disediakan, biar cepat solusinya.
FN-adji [2010-02-10 07:18:48] :
@esDelima,.... kalau untuk memasukkan user baru, misal waiter atau kasir dimana ya cara menginput datanya?? saya sedang coba untuk trial di cafe saudara saya.
esDelima [2010-02-10 10:17:31] :
@Adji, untuk memasukkan user baru, bisa diinput di menu 'Administrator' - 'User Setup', disana terdapat beberapa default user yang sudah ada, anda bisa memasukkan nama user baru (mis: nama kasir) dgn menekan F2 (New), ketik User Id, User Desc (mis : nama lengkap atau jabatan), Site diisi 'ALL' dgn menekan panah bawah, isi group dgn menekan ALT+Z untuk memilih role-nya. Setup role sendiri untuk menentukan akses2 mana saja yg boleh dilakukan. Setup role bisa dilakukan di 'Administrator' - 'User Group'. Nah, setelah terisi Group, cukup tekan ENTER ke row bawah maka otomatis ter-save. Lanjutkan pengisian user baru atau tekan ESC untuk selesai. Silahkan bertanya kembali jika ada yang kurang jelas. Salam.
FN-adji [2010-02-10 10:32:55] :
terima kasih untuk responnya,... :D yang saya maksudkan adalah bagaimana cara membuat account baru misal untuk waiter, jadi dia akan login dengan ID dia sendiri dan password dia sendiri dengan batasan yang sudah kita buat. Tq admin..
esDelima [2010-02-10 12:00:56] :
@Adji, pada modul Waitress anda kelihatannya belum diaktifkan akses ADMIN untuk button New, Edit, Delete. Caranya : Dengan user admin anda, masuk ke menu 'Administrator' - 'User Group', select Group 'MASTER', akan muncul access yang diijinkan, select 'WAITRESS1' (paling bawah), tekan F3 untuk Edit, kemudian aktifkan check pada 'Add Access', 'Update Access', dan 'Delete Access' - tergantung apakah diijinkan untuk Add(New), Update(Edit), atau Delete. Terakhir tekan F5(Save). Nah, skr kembali menu 'Waitress', karena belum ada data, posisi record diaktifkan langsung pada posisi New Data, anda tinggal ketik nama waitress (jgn panjang2 untuk kemudahan si waitresss), tekan ENTER otomatis data akan tersimpan (pola begini untuk mengisi data waitress secara cepat). Tekan ESC kalau sudah selesai. Kemudian untuk maksud login, nama waitress ini TIDAK disatukan dgn fungsi sbg user tersendiri (alasan : tidak semua waitress menginput data atau bahkan ada yg tidak memegang PC samasekali tapi menjadi tugas sang kasir). Untuk menambah user baru yg bisa login, umumnya kasir, diinput di User Setup, seperti penjelasan sebelumnya. Silahkan mencoba. Salam.
FN-adji [2010-02-11 03:48:14] :
Terima kasih untuk admin, saya masih mencoba2 lagi. kalau boleh saya tau dimana domisili admin?? saya berrencana mengundang untuk datang ke cafe saudara saya :D
esDelima [2010-02-11 07:20:41] :
Terima kasih Adji...jadi kebayang makanan2 enak, saya base-nya di Bali...tapi saat ini sedang ada job di luar Indonesia. Anyway, terima kasih atas undangannya..semoga bisa terbantu operasional cafe-nya. Salam.
esDelima [2010-06-12 12:42:37] :
Pada saat di layar "Client Info", double-click pada tulisan biru "Client Code", nah muncul 4 baris yang disediakan untuk mencetak identitas restoran/cafe...silahkan diganti sesuai keinginan anda, dan tekan tombol OK untuk menyimpannya.
Indro [2010-06-15 07:33:00] :
Wah,,terimakasih banyak pak udah dikasi tau rahasianya nih,,hehe. Ternyata sistemnya udah dirancang sedemikian rupa ya,,sampai2 ada "rahasianya" segala. Oke deh,,sudah lancar jaya nih,,moga2 makin sukses deh... ^_^
udin [2010-06-26 14:13:16] :
pak saya mw tanya soal print sruk transaki gmn kok ga bs padahal stlh transaksi q save kmudian mw print ga bs cm muncul form faktur ja ga bsa diprint? pa yg hrs q lakukan?
Angling Darma [2010-06-29 05:28:56] :
Terima kasih mas telah berbagi, wah.... luar biasa sekali. Tapi mas saya ad pertanyaan nich. Butuh spesifikasi printer apa yg digunakan, apa harus dot matrix? saya test pake laser gak bisa yah... maklum printer dot matrik sekarang susah bener nyarinya (heheheh).
Angling Darma [2010-06-29 05:39:46] :
Mas, setelah transaksi mau diprint sebelum pembayaran ataupun sesudah pembayaran untuk mencetaknya apakah hanya mencetak dilayar tidak diprinter? Bagaimana caranya bila mencetak di printer? Terima kasih.
Wawan [2010-07-01 04:08:37] :
Salut buat anda, mas nota-nya bisa diprint gak? soalnya biasanya pelanggan kan selalu minta nota. Saya coba alt + P cuma tampil dilayar tapi tidak bisa dicetak. Mohon pencerahannya....please.....!!!
zeen [2010-07-09 14:35:52] :
halo bang... minta ijin ikut pake programnya ya :) oh ya ... aku kok ada kesulitan login ya jadi misal aku mau login ke admin dngn user default (id: ADMIN, pass: ADMIN) kok ada pesan "kata sandi salah" mohon pencerahannya. tks...
esDelima [2010-07-14 09:52:50] :
Halo Zeen, Maklumlah dengan validation style-nya, nah begini, setelah anda mengisi User Id dengan ADMIN, tekan ENTER untuk berpindah ke password dan mengisi ADMIN lanjutkan dengan menekan ENTER lagi. Jangan gunakan mouse untuk berpindah field. Jadi validasinya terabaikan. Harap maklum :p
esDelima [2010-07-14 10:03:33] :
Hi mas Wawan, Untuk mencetak ke printer dan sekalian melakuan setting jenis printer-nya, bukalah folder aplikasi ini dan cari file PROGCONF.INI. Buka dengan notepad, carilah kata [INVOICE], dibawahnya terdapat literal 'TO_PRINTER=NO', ganti NO dengan YES maka akan tercetak ke printer. Selanjutnya cari literal SELECTED_PRINTER_NAME, ganti valuenya dengan mencopy printer name yang digunakan dari folder printer anda (printer setting), kemudian cari literal DEFAULT_PRINTER_NAME, ganti ke setting printer normal yang bukan untuk mencetak faktur. Selamat mencoba.
esDelima [2010-07-14 10:31:53] :
Halo Angling Darma, pertanyaan anda sudah dijawab dibagian replies untuk pertanyaan dari Wawan diatas. Selamat mencoba.
esDelima [2010-07-14 10:34:37] :
Udin, pertanyaan anda sudah dijawab pada replies dari pertanyaan Wawan. Selamat mencoba.
Wawan [2010-07-15 03:08:16] :
Woke banget mas, berhasil. Terima Kasih mas and mohon ijin buat ngoprek2 lagi yach mas........
zeen [2010-07-15 15:22:08] :
sip bang... kmarin dah aku coba2 dan menemukan jawabannya.... oh ya kalo tampilan nama "cafe nikmat sekali" yang di halaman login kagak bisa di hilangin ya bang ? :)
esDelima [2010-07-17 13:03:32] :
Bisa, silahkan dibaca comment plus jawaban sebelum2nya.


18 comments:

  1. User sama Password Gak bisa, gimana tu Kang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. AnonymousJuly 11, 2017

      Ada keterangan diposting atas:
      User: ADMIN
      Password: ADMIN

      Delete
  2. terimakasih atas aplikasi yang bermanfaat ini, ijin penggunaan serta bantuan nantinya, jika ada masalah instalasinya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan...semoga bermanfaat.

      Delete
  3. firmansyahMay 27, 2013

    Pak mau tanya,

    Apa maksud dari canceled di status ya pak? saya sudah coba kasih status cancel tetapi di bill pelanggan harus tetap membayar.

    Untuk menghapus database transaksi bagaimana ya pak ? terima kasih banyak atas bantuannya :)

    ReplyDelete
  4. AnonymousMay 30, 2013

    @Firmansyah - status 'Cancelled' artinya transaksi tersebut sudah dibatalkan. Transaksi yang masih OPEN alias BELUM TERJADI PAYMENT/PEMBAYARAN masih bisa dibatalkan, kalau sudah bayar/payment - fungsi 'Cancel Transaction' akan disabled otomatis. Status Cancelled juga akan menyebabkan disabled pada tombol pembayaran untuk level NON-ADMIN (kalau ADMIN masih dibebasin untuk tombol pembayaran). Bapak bisa atur sendiri level access tiap user di menu Administrator - User Group (Modul/Field Permission).

    Menghapus database transaksi - tidak ada pilihan khusus untuk ini, tapi bapak bisa menghapus file-file yang ada di folder DATA\ yang mengandung awalan nama file 'TR' dan 'HD' yang mengandung angka tahun dan bulan (mohon di backup/copy file2 ini sebelumnya).

    Semoga membantu.

    ReplyDelete
  5. mau tanya..
    untuk membuat user dan password paru dimenu apa ?
    dan untuk default password kasir / supervisor apa?
    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. AnonymousJuly 11, 2017

      Membuat user baru dan passowrnya di menu: Administrator - User Setup.
      Default password untuk Kasir: [KOSONG]
      Default password untuk Supervisor: CIUMEI

      Delete
  6. Axel Answer .

    salam hangat Admin: Es Delima.
    Saya mau bertanya:

    di dalam menu "Administrator" ada sub Menu
    dengan Nama : image setup, user log , user activity yang disable.
    ini fungsinya digunakan untuk apa??
    dan bagaimana cara menga-aktifkan (enable) sub menu ini.

    Terima kasih dan sukses selalu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Caranya, login sebagai ADMIN kemudian masuk ke menu: Administrator - User Group (Modul/Field Permission), nah tambahkan akses/menu yang diinginkan ke Group yang boleh mengakses-nya, tekan F2/New dan sebagainya untuk penambahan/perubahan/penghapusan akses untuk Group User tertentu.

      Delete
  7. cara mengganti password untuk cashier gmana ya gan?

    thank you

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada di menu: Administrator - Change Password

      Delete
  8. mas minta sourcenya donk sya mw rubah untuk layout struk krna kalau pakai printer epson TM 0220D tulisannya sangat kecil terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Source code sudah disediakan diatas, sebenarnya untuk pengaturan font printer bisa diatur di file PROGCONF.INI pada bagian [INVOICE] di line:
      PRINTER_FONT_TYPE=@SimSun
      PRINTER_FONT_SIZE=8
      PRINTER_FONT_STYLE=N

      Semoga bermanfaat.

      Delete
  9. Mau tnya,
    Kasir & supervisor tidak punya akses untuk semua menu. Padahal modul sdh di setting dpt akses.mohon pencerahannya.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  10. @yadi suryadi, ok apakah sudah di setting dengan benar seperti komen2 sebelumnya diatas:
    esDelima [2010-02-10 10:17:31]
    esDelima [2010-02-10 12:00:56]
    esDelima July 11, 2017
    Seperti saya lihat di role SUPERVISOR tidak ada akses(disabled) ke menu Utility-'Update Data Key', maka langkah untuk memberi akses adalah:
    1. Login ulang sebagai ADMIN.
    2. Buka menu: Administrator - 'User Group (Modul Field Permission)'.
    3. Table di kiri, pilih/select SUPERVISOR sebagai group user yang akan diberi akses.Perhatikan daftar akses yang sudah diterima di tabel kanan, dengan melihat apakah memang aksesnya belum ada (lihat di deskripsi).
    4. Jika belum ada, tekan F2 atau klik tombol New di pojok kiri atas layar (pastikan Group: 'SUPERVISOR').
    5. Klik tombol browse(icon segitiga hadap bawah) dikanan field Modul. Pilih akses baru yang diinginkan dgn ENTER/double-click.
    6. Tekan F5 untuk menyimpan.
    7. Login kembali sebagai SUPERVISOR untuk melihat akses yang baru ditambahkan.

    TIPS:
    1. Saat berada di layar browse/tabel yang berisi data banyak, user tidak perlu kerepotan mencari2 baris data yang diinginkan, cukup mengetikan sesuatu secara langsung maka pointer/cursor akan secara otomatis mengarah ke baris yang relevan.[hanya berlaku pada tabel/konteks tertentu]
    2. Double-click pada header/judul data di tabel akan membuat data ter-sortir (A ke Z atau Z ke A, pengulangan double-click)-[hanya berlaku pada tabel/konteks tertentu]

    ReplyDelete
  11. permisi bang, saya coba masuk menu transaksi kok ga bisa ya. Saya dah input bahan, kemudian input bahan matrix. Nah mau saya coba transaksi tapi ada massegeBox kesalahan. Mohon bantuannya bang. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. @antonius, "Transaksi" hanya berhubungan dengan: "Menu List" dan "Waitress" dimana terjadinya transaksi pemesanan/penjualan menu makanan ke customer.

      Sedangkan nntuk "Matriks Menu - Bahan"+"Bahan Menu"+"Group Bahan" HANYA berhubungan dengan satu2nya report/laporan yaitu "Laporan Qty Estimasi Pemakaian Bahan".

      Laporan tersebut akan merangkum semua menu yang terjual (TRANSAKSI) per periode tertentu kemudian berdasarkan referensi data pada "Matriks Menu - Bahan" akan dihasilkan laporan pemakaian bahan mentah/dapur dikali jumlah porsi menu yang terjual.
      Semoga cukup jelas pak.
      Terima kasih.

      Delete

Page and post views plugin