Pages

Kuliner Siomay Yong Tau Foo di Petaling Jaya Malaysia

Yong Tau Foo - Siomay khas Negeri Tetangga [http://esdelima.blogspot.com] Siomay adalah salah satu jajanan populer di Indonesia selain bakso dan sate. Umumnya siomay terbuat dari adonan ikan tenggiri yang dicampur dengan tepung sagu atau tapioka. Sebagai variasi menarik, siomay juga disajikan sebagai isian (stuffing) dalam tahu, pare, telur, atau kulit pangsit. Siomay selalu dihidangkan hangat-hangat dari kukusan dan disajikan dengan siraman kuah kacang yang menggiurkan.
Nah di negeri tetangga seperti Singapura, Malaysia, atau Thailand ada kuliner sejenis yang dikenal dengan nama Yong Tau Foo (baca: yong tau fu). Seperti siomay, Yong Tau Foo umumnya juga terbuat dari adonan atau pasta ikan, walaupun ada juga yang dari daging non-halal.
Dari segi tampilan, kelihatannya yong tau foo lebih "meriah" dengan warna-warni sayuran yang dijadikan pengisi adonan - seperti terong ungu, cabe merah besar, sayuran bendi, dan pare. Mungkin kreasi ini bisa jadi inspirasi buat para penjual siomay di Indonesia.
Jika siomay disajikan dengan kuah kacang, maka yong tau foo disajikan dengan saus tauco yang rasanya manis sedikit asin - plus taburan biji wijen sebagai garnish. Kuliner ini sendiri gampang ditemui di hampir semua hawker center di Malaysia atau Singapura. Di foto inset adalah yong tau foo yang penulis temui di PJ Old Town - tepatnya di hawker center yang juga menjual I Fu Mie Kuah Pedas. Harga yong tau foo dihitung dari berapa potong sajian yang kita ambil, umumnya sekitar 80 sen sampai RM1,5 per-potong(Rp. 2.500,- sampai 5.000,-). Harga seporsi yong tau foo seperti di foto inset adalah RM7,5 (sekitar Rp.25.000,-).
Selamat berwisata kuliner.

1 comment:

  1. Tips mantep nih, saat membuat somay,di campur dengan potongan wortel yang kecil kecil. rasaynya maknyus

    ReplyDelete

Page and post views plugin