Pages

Kuliner Kari Laksa | Asam Laksa di Kuala Lumpur Malaysia

Kari Laksa Petaling Street - http://esdelima.blogspot.com Asam Laksa Petaling Street - http://esdelima.blogspot.com Kuliner Laksa aslinya berasal dari warisan Peranakan (Tionghoa dan Melayu) yang tersebar di sepanjang pesisir Semenanjung Malaysia. Walaupun hidangan ini juga bisa ditemui di beberapa wilayah Sumatera dan Kalimantan seperti di Medan, Palembang, atau Pontianak. Tentu saja dengan cita rasa Laksa yang berbeda-beda dari tempat-tempat yang disebutkan diatas.
Kalau anda yang sudah pernah melancong ke Kuala Lumpur atau pulau Pinang, maka cuma ada dua jenis Laksa yang akan dihidangkan yaitu Kari Laksa dan Asam Laksa. Kari Laksa umumnya berisi campuran mie, bihun, atau kwetiaw dalam kuah kari dan ditambahin irisan daging ayam, bakso ikan, dan potongan tahu goreng. Sementara Asam Laksa berisi mie putih tebal khas Laksa, dengan kuah asam yang gurih beraroma bunga kecombrang dan ditaburin irisan ikan sarden, nenas, ketimun, bawang merah besar, plus daun mint yang wangi.
Sebagai referensi dari penulis, untuk mencicipi Kari Laksa dan Asam Laksa yang terkenal gurih dan sedap, ada satu tempat di Kuala Lumpur yang juga terkenal sebagai daerah ramai turis asing yaitu Petaling Street.
Rumah makan khusus Kari Laksa dan Asam Laksa ini sangat terkenal di Petaling Street, dan merupakan tempat favorit para warga lokal dan turis asing buat menyantap kedua kuliner kebanggaan negeri jiran ini.
Harga seporsi besar Kari Laksa atau Asam Laksa ini cukup murah yaitu RM 5 (sekitar Rp 15.000,-) dan rasanya dijamin pengen kembali lagi. Soalnya yang masak juga ibu-ibu Chinese yang kelihatan berumur dan sudah pengalaman puluhan tahun dalam hidangan favorit ini.
Rumah makan ini buka mulai sore hari dan tutup sekitar jam 9 malam. Untuk mencapai lokasi dapat menggunakan transportasi umum yang murah, gunakan LRT dan turun di stasiun LRT Pasar Seni, kemudian jalan kaki menuju arah pasar malam sekitar 5 menit. Rumah makan ini terletak persis disamping gedung Plaza Petaling yang posisinya juga berada ditengah-tengah kerumunan para pedagang kaki lima Petaling Street.
Foto : Kari Laksa dan Asam Laksa.

No comments:

Post a Comment

Page and post views plugin